Tips Agar Anak Terbiasa Tidur Sendiri

adsense 336x280
Saat usia anak mulai bertambah besar anda harus menanamkan rasa kemandirian pada anak. Membiasakan anak agar mulai berani tidur dikamar sendiri merupakan salah satu hal untuk mengajarkan kemandirian sekaligus mendidik mental anak agar mejadi pemberani. Usia dua tahun merupakan saat yang tepat dalam melatih kemandirian anak, dimulai dengan tidur sendiri.

Namun demikian beberapa anak masih merasa sulit dan enggan untuk tidur terpisah dengan orangtua mereka, meskipun sebenarnya usia mereka sudah besar. Mereka masih dibayang-bayangi rasa takut, cemas dan perasaan was-was jika harus tidur sendiri. Berikut akan dibahas hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan orang tua untuk membiasakan agar anak berani tidur sendiri.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan

Jika anda memiliki kamar dengan ruangan yang cukup luas, untuk membiasakan agar anak tidur sendiri maka buatkan sebuah area khusus untuk tempat tidur anak anda. Dimulai dengan meletakan dipan khusus untuk anak anda walaupun masih dalam satu kamar.

Dalam area tersebut, letakan pernak pernik khas milik anak anda mulai dari tempat tidur, bantal dan guling dengan motif favorit mereka. Anda juga dapat meletakan lemari pakaian hingga tempat mainan mereka.

Hal ini bertujuan pada saat anak anda dipindahkan ke dalam kamar yang terpisah dengan kamar anda, anak anda akan tetap merasa nyaman karena mereka telah merasa familiar dengan ornamen dan pernak pernik yang selama ini menemani mereka tidur.

Nah dengan cara seperti itu, anda sudah bisa memulai kebiasaan mandiri pada anak untuk tidur sendiri. Atau bisa juga kebiasaan ini dimulai ketika ia masih bayi, buatkan box khusus sebagai tempat tidurnya. Seiring bertambahnya usia, ia pun bisa dibiasakan untuk tidur sendiri di ruangannya sendiri.

Ketika anak anda benar-benar sudah memiliki kamar sendiri dan terpisah dengan kamar anda, berikut adalah tips agar anak anda mau dan terbiasa untuk tidur sendiri:

1. Bicarakan dengan jujur kepada anak
Mulailah secara bertahap jika semula ia tidur di dalam box. Bicaralah kepada anak anda dengan mengatakan bahwa ia sudah mulai besar dan boksnya sudah tak cukup lagi baginya, sehingga ia perlu pindah ke tempat tidur yang lebih besar dan lebih nyaman di kamarnya sendiri.

Buatlah momen perpindahannya seperti suatu kejadian yang menyenangkan. Bila mungkin, berikan anak anda kejutan, misalnya dengan membelikannya poster tokoh kartun favorit mereka dan tempel di dinding kamarnya.

2. Buat suasana kamar senyaman mungkin
Carilah hiasan untuk mempercantik kamar si kecil supaya mereka merasa nyaman berada di "dunia baru" mereka. Libatkan anak anda dalam mencari hiasan untuk kamarnya. Ia bisa memilih boneka, gambar-gambar untuk digantungkan atau poster-poster tokoh favorit mereka. Buatlah ruangannya senyaman mungkin sehingga si kecil senang berada di dalam kamarnya. Tak perlu harus mahal, tapi yang penting gunakan imajinasi anda untuk menghidupkan suasananya.

3. Biarkan berlangsung secara alami
Biarkan kemandirian anak anda tumbuh secara alami. Jangan lakukan hal ini dengan cara paksa. Bila ia memang belum siap, berikan waktu baginya untuk terbiasa dengan gagasan tidur sendiri ini. Bila anak anda menangis di tengah malam, segeralah bergegas pergi ke kamarnya dan temani ia tidur di sana. Ajarkan ia belajar untuk mengatasi rasa takutnya.

Terkadang anda perlu melakukan suatu proses pengkondisian yang cukup lama. Jika anak anda merasa belum siap untuk tidur terpisah, buatlah peraturan baru yang harus dilakukan dengan konsisten. Misalnya, anak hanya boleh tidur bersama orang tuanya satu kali setiap minggu, yaitu diakhir minggu.

4. Tanamkan rasa percayaan pada diri sendiri
Begitu anak bisa tidur sendiri, ia mulai mempercayai dirinya sendiri. Ketergantungan pada orang tua untuk hal-hal kecil dalam hidupnya harus mulai dikurangi. Berikan ia pujian kalau dia sudah berani tidur sendiri. Tidur sendiri adalah satu langkah menuju ke arah kemandirian.

5. Lakukanlah pada saat yang tepat
Setiap anak adalah individu yang mempunyai karakter dan identitas sendiri. Karakter antara anak yang satu dengan anak lain pastilah berbeda. Ia tak bisa disamakan dengan anak tetangga, teman, bahkan kakak atau adiknya sendiri. Lepaskan ia untuk tidur sendiri pada saat ia telah benar-benar merasa siap. adsense 336x280

0 Response to "Tips Agar Anak Terbiasa Tidur Sendiri"

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komentar