Tips Mendidik Anak Menjadi Hafidz Al-Qur'an

adsense 336x280

Sebagai seorang muslim, tentunya kita ingin sekali menjadi penghafal Al-qur'an atau disebut dengan istilah hafidz/hafidzah. Namun karena berbagai keterbatasan dan kesibukan atau karena dulu orangtua kita kurang intens, maka saat ini kita masih belum bisa untuk mewujudkannya. Meskipun demikian hal tersebut belumlah terlambat, apalagi untuk anak-anak kita. Jadikanlah mereka sebagai hafidz/hafidzah sedini mungkin.

Bagi setiap orangtua muslim, memiliki anak sebagai hafidz/hafidzah Qur’an adalah sebuah kebanggaan yang luar biasa. Terdapat beberapa keutamaan yang bisa diperoleh bagi siapa saja yang mempelajari dan menghafalkan Al-qur’an, diantaranya adalah: secara fisiologis akan dapat mendatangkan ketenangan hati dan juga terbukti dapat meningkatkan daya ingat serta menambah kecerdasan otak anak. Karena itu, tidak heran jika seorang anak yang hafidz Quran juga cemerlang dalam nilai akademisnya.

Berikut adalah 3 hal yang perlu orangtua lakukan agar anak-anak mereka menjadi Hafidz Qur'an:

1. Bagi anak yang sudah bisa membaca Al-Qur’an: jadwalkan waktu hafalan dan murojaah

Menjadwalkan waktu untuk hafalan dan murojaah sangatlah penting. Namun demikian sebelum anda menerapkannya pada anak, sebaiknya anda diskusikan hal ini terlebih dahulu bersama anak anda,  sehingga anak akan merasa nyaman saat menjalankannya. Misalnya: setelah ba'da sholat maghrib.

Tidak perlu memakan waktu terlalu lama, cukup terapkan jadwal ini dengan konsisten untuk membentuk pola menghafal dan murojaah yang kuat pada sang anak.

 2. Bagi anak yang belum dapat membaca Al-Qur’an: bacakan berulang-ulang ayat atau surat yang ingin diajarkan

Khusus bagi anak yang belum bisa membaca Al-qur'an sebaiknya seluruh anggota keluarga ikut berpartisipasi dan terlibat dalam proses ini. Anda dapat menyuruh setiap anngota keluarga untuk bergantian membacakan surat pilihan yang akan dihafal oleh anak. Misalnya dalam sehari sebanyak 5 kali oleh masing-masing anggota keluarga, sehingga dalam sehari anak akan mendengar dan menyimak surat tersebut sebanyak 5 kali jumlah anggota keluarga yang ditugaskan.

Bacakan di setiap saat, sekalipun anak anda terlihat sedang asik bermain. Meskipun anak terlihat cuek atau tidak memperhatikan, namun jangan heran jika ternyata anak akan ikut melantunkan bacaan atau ayat Al-qur'an tersebut sambil asyik bermain.

3. Perdengarkan murottal setiap saat terutama menjelang anak tidur

Hal ini akan sangat berguna dan membantu daya ingat anak untuk lebih lmelekatkan hafalan mereka terhadap bacaan Al-qur'an.

Pada usia anak, sel-sel otak berkembang dengan sangat pesat. Sehingga saat seorang anak menghafalkan sesuatu maka bagaikan menulis di sebuah batu, sehingga akan melekat sangat kuat. Karena itu marilah kita mendidik anak-anak kita untuk membaca dan menghafal Al-Qur’an sejak dini.

Selain dapat meningkatkan daya ingat dan menambah kecerdasan otak anak, seorang hafidz Quran juga akan memuliakan orangtuanya kelak pada hari kiamat. Seperti sabda Rasulullah saw dalam haditsnya:

Dari Buraidah, Rasulullah saw bersabda, “Siapa yang membaca Al-Qur’an, mempelajarinya, dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat. Cahanya seperti cahaya matahari dan kedua orang tuanya dipakaikan dua jubah (kemuliaan) yang tidak pernah didapatkan di dunia. Keduanya bertanya, ‘Mengapa kami dipakaikan jubah ini?’ Dijawab, ‘Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Al-Qur’an.” (HR Abu Daud).

Membiasakan anak-anak belajar dan berinteraksi dengan Al-Qur'an sejak dini juga akan dapat membentuk karakter anak sekaligus memberikan pemahaman kepada anak bahwa Al-Qura’an adalah Kalamullah yang seharusnya menjadi pedoman hidupnya setiap saat.

Subhanallah, semoga kita diberikan kemudahan dalam menjadikan anak-anak kita menjadi Hafidz Quran. Aamiin. Semoga Bermanfaat adsense 336x280

0 Response to "Tips Mendidik Anak Menjadi Hafidz Al-Qur'an"

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komentar