Mengatasi Mabuk Perjalanan Pada Anak

adsense 336x280

Mabuk perjalanan adalah hal yang sangat mengganggu pada saat kita sedang bepergian, baik lewat jalur darat, laut ataupun udara. Mabuk perjalanan dapat dialami oleh siapapun, baik oleh orang dewasa ataupun pada anak-anak sekalipun.

Sebenarnya apa saja sih yang dapat memicu timbulnya rasa mual atau mabuk perjalanan? Menurut para peneliti, mabuk perjalanan itu bisa terjadi ketika otak menerima informasi yang pada dasarnya berbeda dari indra pendeteksi gerakan seperti mata, telinga bagian dalam dan jaringan syaraf pada anggota tubuh.

Contoh kasusnya seperti ini, jika pada saat kita sedang bepergian naik mobil dan anak kita ikut serta, kemudian kita melihat anak kita di dalam mobil sedang bermain game, maka yang akan terjadi pada telinga bagian dalam anak kita akan mendeteksi adanya gerakan dari mobil tetapi mata dan syaraf pada anggota badannya tidak.

Perbedaan informasi yang diterima oleh otak tersebut akan menjadi tidak sinkron. Hal itulah yang pada akhirnya dapat memicu terjadinya keringat dingin, perut terasa mual, pusing, atau bahkan muntah.

Namun demikian ternyata tidak semua anak kecil mengalami mabuk kendaraan. Para peneliti belum mengetahui secara jelas kenapa sebagian anak gampang mabuk sementara yang lainnya tidak. Mereka tahu bahwa mabuk perjalanan jarang menimpa bayi dan anak dibawah usia 2 tahun, sedangkan anak-anak dengan usian 2 sampai 12 tahun lebih mudah terkena gejala mabuk perjalanan.

Lalu bagaimana caranya agar anak kita tidak muntah ketika diajak bepergian dengan kendaraan? Berikut adalah beberapa tipsnya :

1. Pilih jalan tol sebagai rute perjalanan utama
Sebelum bepergian sebaiknya tentukan rute perjalanan untuk menggunakan jalan tol, sebisa mungkin hindari berpergian melalui jalan yang padat dan sering terjadi kemacetan lalu lintas. Perjalanan yang tersendat-sendat serta jalan yang berkelok-kelok akan mengganggu perut anak anda.

2. Bepergian pada waktu tidur siang
Jika temat tujuan anda tidak memungkinkan untuk dilalui dengan jalan tol maka pilihlah waktu bepergian pada waktu tidur siang. Tidur mampu mengatasi rasa mual di perut. Waktu yang terbaik untuk berangkat adalah tepat sebelum tidur siang. Dengan demikian, anda dapat berharap untuk tiba di tempat tujuan dengan kondisi anak anda merasa nyaman dan dapat beristirahat dengan baik.

3. Makan secukupnya
Isi perut anak anda, tetapi jangan sampai berlebihan. Sebelum berangkat, berikan makan ringan kepada anak (makanan tanpa lemak dan makanan olahan yang terbuat dari susu, sereal, pasta atau buah-buahan) dan bawalah makanan ringan lainnya seperti biscuit, minuman dingin didalam karton dengan sedotan.

4. Isi penuh bahan bakar mobil anda
Pastikan terlebih dahulu sebelum berangkat untuk mengisi bahan bakar mobil anda hingga penuh. Kenapa? Anak akan sangat peka terhadap bau asap knalpot dan bau-bauan ketika anda antri di pom bensin.

5. Usahakan anak bisa melihat keluar jendela
Sediakan kursi yang membuat anak dapat menatap ke luar jendela mobil. Anak akan mengalami mabuk bila yang dapat mereka lihat hanya pemandangan di dalam mobil dan tidak dapat menatap keluar jendela.

6. Alihkan perhatian ke benda atau hal yang ada di luar
Alihkan perhatian anak dengan sebuah games atau permainan yang membuat anak dapat selalu fokus kepada benda yang berada di luar sepanjang perjalanan. Papan reklame, bangunan, dan pegunungan jauh lebih menenangkan anak anda dibandingkan buku mewarnai atau smartphone yang harus dilihat dari dekat.

7. Obat anti mabuk
Sebenarnya obat anti mabok tidak direkomendasikan untuk anak yang belum berusia satu tahun. Sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter anak anda, kalau saja ada alasan medis bagi anak anda untuk tidak menggunakan obat tersebut. Obat antimabuk adalah obat yang dijual bebas yang aman dan efektif untuk meredakan rasa mual dan rasa pening yang berhubungan dengan mabuk akibat berkendara.

8. Aroma therapi
Tidak ada salahnya anda menyiapkan aroma therapi di dalam mobil anda. Bisa dalam bentuk parfum mobil atau semacam obat oles tetapi yang memiliki aroma atau wewangian yang disukai anak. Jika anda bingung aroma apa yang tepat maka sebaiknya pilihlah wewangian yang beraroma buah-buahan seperti jeruk atau strobery. adsense 336x280

0 Response to "Mengatasi Mabuk Perjalanan Pada Anak"

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komentar