10 Nutrisi Penting Untuk Pertumbuhan Anak

adsense 336x280
Di masa pertumbuhannya, peran orang tua dalam memenuhi kebutuhan nutrisi anak sangatlah penting. Orang tua haruslah tahu tentang nutrisi penting apa saja yang paling dibutuhkan untuk tumbuh kembang sang anak.

Asupan anak haruslah dijaga dan diperhatikan agar makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang bergizi dan kaya akan nutrisi yang nantinya akan berperan penting dalam membantu pertumbuhannya.

Di bawah ini adalah daftar 10 nutrisi penting yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak, berikut dijelaskan peran dan fungsi masing-masing:

1. Kalsium
Kalsium berperan dalam pembentukan tulang dan gigi yang kuat, menciptakan fungsi syaraf dan otot yang kuat, membantu pembekuan darah, dan membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Kalsium banyak terkandung didalam susu. Beberapa contoh makanan yang mengandung kalsium adalah keju, bayam, brokoli, dan makanan dari kedelai.

2. Kalium
Kalium bersama dengan natrium berperan penting dalam mengontrol keseimbangan air dalam tubuh, yang akan membantu menjaga tekanan darah tetap dalam kondisi normal. Selain itu, kalium juga membantu fungsi otot dan irama detak jantung, dan kelak, akan bisa mengurangi risiko batu ginjal dan osteoporosis. Kalium dapat diperoleh dengan mengkonsumsi pisang, pepaya, kurma, kentang dan melon.

3. Zat besi
Peran zat besi sangat mutlak bagi tubuh untuk membentuk hemoglobin, pigmen merah dalam darah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen, dan myoglobin, pigmen yang menyimpan oksigen dalam otot.

Kekurangan zat besi pada tubuh dapat menyebabkan anak menderita anemia, yang bisa membuatnya merasa sangat lelah, lemas, dan mudah marah. Untuk memperoleh zat besi, kita bisa menghidangkan bayam, kuning telur, daging merah, atau ikan.

4. Magnesium
Magnesium akan membuat tulang tubuh anak kuat dan irama detak jantung normal. Magnesium juga berperan dalam menyokong sistem kekebalan tubuh, dan membantu menjaga fungsi otot dan syaraf. Magnesium dapat diperoleh dengan mengkonsumsi sayuran berdaun hijau, biji bunga matahari, kacang kedelai, dan alpukat.

5. Asam Lemak Esensial
Asam lemak esensial adalah asam lemak yang hanya ditemukan dalam makanan karena tubuh kita tidak mampu memproduksinya, contohnya Omega 3.

Asam lemak esensial memiliki peran penting bagi tubuh dalam memproduksi sel, mengatur sistem syaraf, menguatkan sistem kardiovaskular, mendorong kekebalan tubuh, dan membantu tubuh menyerap nutrisi.

Selain itu, asam lemak esensial juga sangat penting bagi fungsi kesehatan otak serta indera penglihatan. Asam lemak esensial bisa kita peroleh dari suplemen minyak ikan, ikan laut (seperti tuna, sardin, salmon), minyak wijen, serta alpukat

6. Vitamin A
Vitamin A memainkan peranan penting dalam memaksimalkan fungsi mata sebagai indra penglihatan dan pertumbuhan tulang. Vitamin A juga membantu melindungi tubuh dari serangan infeksi, menguatkan kesehatan dan pertumbuhan sel dan jaringan dalam tubuh, termasuk rambut, kuku, dan kulit.

Sumber makanan yang mengandung vitamin A sangat mudah didapatkan, antara lain apel, tomat, wortel, pepaya, dan produk olahan susu.

7. Vitamin C
Vitamin C akan membantu tubuh dalam membentuk dan memperbaiki sel darah merah, tulang, dan jaringan tubuh; menjaga gusi anak tetap sehat dan menguatkan pembuluh darah; meminimalkan memar; membantu penyembuhan; memaksimalkan sistem kekebalan tubuh; dan menjauhkan infeksi pada bayi.

Selain itu, vitamin C juga bisa membantu tubuh dalam menyerap zat besi dari makanan yang kaya akan zat besi. Vitamin C biasanya terdapat dalam buah-buahan berwarna cerah seperti pada buah jeruk, jambu biji, kiwi, stroberi dan mangga.

8. Vitamin D
Fungsi vitamin D bagi tubuh adalah membantu menyerap mineral seperti kalsium dan membangun gigi dan tulang yang kuat. Vitamin D penting untuk meraih pertumbuhan yang potensial dan memperoleh massa tulang secara maksimal.

Selain itu, vitamin ini juga berfungsi sebagai hormon yang memiliki peran dalam kesehatan sistem kekebalan tubuh, produksi insulin, dan pengaturan pertumbuhan sel. Sumber makanan yang mengandung vitamin D antara lain adalah mentega, ikan tuna, udang, dan minyak ikan. Selain itu, vitamin D juga bisa diperoleh secara cuma-cuma dari sinar matahari pagi.

9. Vitamin E
Vitamin E sangat efektif dalam menghalau radikal bebas yang bisa merusak sel. Selain itu, vitamin E juga memiliki peranan penting bagi kekebalan tubuh, memperbaiki DNA, dan proses metabolisme lainnya. Sumber makanan yang mengandung vitamin E adalah bayam, brokoli, sawi, dan tauge.

10. Zinc
Zinc dibutuhkan oleh lebih daripada 70 enzim yang akan membantu sistem pencernaan dan metabolisme tubuh, serta penting bagi pertumbuhan. Sumber makanan yang mengandung zinc yang mudah didapat adalah kuning telur, bayam, cokelat hitam, kepiting, dan daging merah. adsense 336x280

0 Response to "10 Nutrisi Penting Untuk Pertumbuhan Anak"

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komentar