Cara Mendidik Anak Down Syndrome

adsense 336x280

Dibutuhkan pola penanganan khusus untuk anak-anak yang menderita down sindrom, yang mana penanganan ini jelas sangat berbeda jika dibandingkan dengan anak normal pada umumnya. Sangatlah wajar jika orangtua merasa begitu kecewa dan sedih karena dihadapkan dengan kenyataan pahit memiliki anak yang menderita down sindrom.

Meskipun demikian, kesedihan dan kekecewaan tersebut tidak boleh membuat para orang tua merasa lemah dan membenci anak mereka yang menderita gangguan down sindrom. Orang tua harus berbesar hati, tulus dan ikhlas dalam menerima kenyataan bahwa saat ini mereka memang sedang mengalami ujian.

Hadapilah masalah ini dengan tegar, mulailah untuk berdamai dengan keadaan. Dari pada tenggelam dalam penyesalan sebaiknya alihkan perhatian dengan lebih fokus dalam mengasuh anak down sindrom dengan sepenuh hati anda. Bagamanapun itu adalah anugrah tuhan yang dititipkan kepada anda.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk orang tua yang memiliki anak dengan down sindrom yang diambil dari www.care.com dalam melewati masa-masa sulit dalam mengasuh anak-anak down sindrom.

Pertama, orang tua harus mencari potensi yang dimiliki oleh anak-anak down sindrom. Anak-anak yang menderita down sindrom tidak berarti anak itu tidak memiliki kemampuan. Mereka pasti memiliki bakat di atas rata-rata; tugas kita sebagai orangtua adalah menemukan dan mengembangkan talenta itu.

Selanjutnya, kita harus menyadari bahwa anak-anak yang menderita down sindrom juga memiliki beberapa titik kelemahan dan keterbatasan. Sebagai orangtua, kita harus berusaha dengan sabar dan mengetahui tentang pembatasan dan kelemahan tersebut.

Mencari informasi dan pengetahuan sebanyak mungkin tentang keadaan yang sedang dihadapi. Dengan memiliki pengetahuan yang cukup tentang down sindrom, maka kita akan mampu mengobati anak-anak kita dengan jauh lebih baik. Browsing di internet, membaca buku dan medalami pengetahuan tentang psikologi anak adalah upaya yang tepat.

Yang terakhir, seringlah berbagi dengan orangtua lain yang juga memiliki anak-anak dengan down sindrom. Di era internet ini, Anda dapat bergabung dalam forum online, khusus untuk orang tua yang mempunyai anak-anak dngan down sindrom. Dengan berbagi, kita akan mendapatkan dukungan moral dari orang lain yang akan membuat kita lebih bersemangat dalam membesarkan anak-anak down sindrom karena anda merasa anda tidak sendirian. adsense 336x280

0 Response to "Cara Mendidik Anak Down Syndrome"

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komentar